Danramil 01/Blora Hadiri Pelatihan Pasca Panen Tembakau di Desa Tambaksari


Perkasanews.Id, BLORA – Danramil 01/Blora Kapten Inf Maningsun menghadiri acara pelatihan pasca panen tembakau yang digelar oleh Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, acara bertempat di Balai desa Tambaksari, yang beralamat di Jl. Blora - Rembang KM. 5, Desa Tambaksari, Kec. Blora, Kab. Blora. Jum'at (13/09/2024).

Pelatihan ini dihadiri oleh Bupati Blora Dr. H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Forkopimcam Blora (Camat, Danramil dan Kapolsek), seluruh kelompok tani tembakau desa Tambaksari, dan diisi oleh narasumber dari PT Sadana Arif Nusa Rembang.

Acara ini menjadi momen dialog antara petani dan pihak terkait untuk membahas masalah yang dihadapi selama proses penanaman tembakau.


Sujito, salah satu petani tembakau dari Poktan Berkah Tani Desa Tambaksari mengungkapkan," bahwa proses tanam mengalami keterlambatan akibat kurangnya alat bantu pengolahan lahan.

“Kami membutuhkan bantuan traktor, Pak. Tembakau harus ditanam tepat waktu, dan kemarin kami terlambat sehingga hasil panen tidak maksimal,” keluh Sujito. 

Menanggapi keluhan ini, Bupati Arief Rohman berjanji akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk menyalurkan bantuan yang dibutuhkan petani tembakau.

“Buatkan suratnya, nanti saya tanda tangani. Dari aspirasi yang kami serap, kita bisa memetakan kebutuhan petani tembakau, dan ini akan segera kami tindak lanjuti,” kata Bupati Arief.


Dalam sambutannya Camat Blora Hadi Praseno, S. Sos juga menegaskan," bahwa Blora memiliki peran penting sebagai salah satu lumbung pangan utama di Jawa Tengah, dengan komoditas utama seperti beras, jagung, dan tembakau yang berkualitas.

Ia berharap pemerintah terus hadir untuk mendampingi para petani dalam meningkatkan hasil produksi dan kesejahteraan mereka.

Selain itu, Camat Blora juga mendorong," petani untuk lebih kreatif dan inovatif, khususnya dalam menanam tembakau sebagai alternatif yang memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan.

Meskipun lebih menantang dibandingkan menanam padi atau jagung, ia yakin keberhasilan dapat diraih dengan belajar dan tekun," tegasnya. 

Kepala Desa Tambaksari A. Heru Gunawan, SE, yang turut hadir dalam acara tersebut berharap," pelatihan ini dapat memberikan hasil yang optimal bagi para petani.

“Saya sendiri merasakan manfaat menanam tembakau, hasilnya lebih baik dibanding tanaman lain,” ujarnya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para petani tembakau di Blora dapat terus berkembang dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui inovasi dan dukungan pemerintah. (*)

Komentar